Sejarah 6 April Peringatan Hari Nelayan Nasional


Sejarah hari ini mencatat, 6 April menjadi peringatan Hari Nelayan Nasional. Adanya peringatan Hari Nelayan Nasional merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap nelayan yang membantu pemenuhan gizi dan protein warga Indonesia dan juga salah satu tulang punggung ekonomi nasional.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan 2020, jumlah nelayan sebanyak 1.459.874 orang. Nelayan bisa menjadi aset nasional  dalam mengembangkan sektor kelautan dan perikanan menjadi lebih maju dan berjaya sebagai negara maritim.

Sebagai informasi, Indonesia sebagai negara maritim (negara dengan luas perairan lebih besar dari luas daratan) memiliki panjang pantai 95,191 km atau menjadi negara terpanjang kedua setelah Kanada.

 

Penetapan Hari Nelayan Nasional bermula dari sebuah tradisi larung sesaji di Pantai Pelabuhan Ratu yang digelar setiap 6 April. Upacara ini diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat.

Penulis : Humas Mandalahayu | Terbit : 2022-04-06 | Dibaca : 828


VISI :

“Mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (Allah SWT) serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.”

Jalan Perum. Margahayu No. 304-312, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17113

304yayasanmandalahayu@gmail.com

(021) 8808956


Website ini dikelola oleh CLIMBERNET